Selasa, 18 Juni 2019
Home > Berita Terkini > Suasana Prosesi Pemakaman Mendiang Ani Yudhoyono di TMP Kalibata
Suasana Prosesi Pemakaman Mendiang Ani Yudhoyono di TMP Kalibata
Presiden Ri Joko Widodo hadir di Pemakaman TMP Kalibata

Suasana Prosesi Pemakaman Mendiang Ani Yudhoyono di TMP Kalibata

Share

Jakarta – Para pelayat pukul. 12.15 Wib nampak mulai memadati Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata untuk menghadiri prosesi pemakaman istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herawati yang akrab di sapa Ani Yudhoyono.

Hasil pantauan di lapangan Minggu (2/6/2019), pelayat sudah mulai memadati Makam Pahlawan Kalibata sejak pukul 10.200 Wib. Meski upacara pemakanan baru dimulai pukul.15.00 Wib. Upacara dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Mengingat pelayat nampak mulai padat, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) telah melakukan pemeriksaan extra ketat kepada pengunjung. Pemeriksaan masih dilakukan secara manual oleh dua anggota Paspampres.

Andri, salah satu pelayat mengaku sudah datang pukul 10.00 Wib. Ia datang lebih awal karena memang sudah berjanji untuk mengikuti rombongan dengan organisasinya, yaitu Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI Polri (FKPPI) Jakarta Selatan yang berjumlah 30 orang.

Ia mengatakan, organisasinya mendapatkan undangan untuk menghadiri pemakaman. Kemudian, FKPPI disebutnya juga wajib mengikuti upacara pemakaman Ani Yudhoyono mengingat mantan ibu negara itu adalah putri dari perwira TNI. Diketahui, Ani merupakan anak ketiga dari Letnan Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo.

“Dan kebetulan ada instruksi langsung dari Kepala Badan Bela Negara FKPPI yang sekaligus Ketua DPR RI Bambang Soesatyo kepada kami untuk hadir hari ini,” Ujar Andri kepada media Minggu (2/6/19).

Sambil menunggu pemakaman, pelayat juga bisa menyaksikan langsung latihan upacara pemakaman pada siang hari ini. Salah satu Paspampres, Collins G. Manurung berkisah bahwa petugas upacara nanti terdiri dari Batalyon Pengawal Protokoler Kenegaraan TNI Angkatan Darat.

Rencananya, awak Batalyon Pengawal Protokoler Kenegaraan ini terdiri dari 10 orang penembak, enam bunga, dan satu pembawa foto. “Dan ini merupakan pertama kalinya saya jadi petugas (upacara pemakaman),” Pungkas dia.

Sebelum diberangkatkan ke Kalibata, jenazah akan disholatkan di Pendopo Cikeas pukul 12.00 WIB. Kemudian, pada pukul 13.30 Wib, akan dilakukan upacara persemayaman jenazah Ani Yudhoyono di Pendopo Cikeas, dilanjutkan dengan perjalanan menuju TMP Kalibata Jakarta Selatan.

Setelah itu, jenazah akan diberangkatkan menuju Kalibata dengan rute perjalanan rombongan Jenazah Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono Kediaman Puri Cikeas-Jalan Alternatif Trans Yogi Cibubur-Masuk Pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta-Jalan Tol Jagorawi-Cawang-Tol Dalam Kota-Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran-Jalan Raya Pasar Minggu-Taman Makam Pahlawan Kalibata. (zn/red)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*