Selasa, 21 Mei 2019
Home > Berita Terkini > Tangani Bencana, Kodim 0705/Magelang Gelar Patihan Posko I
Tangani Bencana, Kodim 0705/Magelang Gelar Patihan Posko I
Tangani Bencana, Kodim 0705/Magelang Gelar Patihan Posko I

Tangani Bencana, Kodim 0705/Magelang Gelar Patihan Posko I

Share

MAGELANG — “Kodim 0705/Magelang bersama seluruh komponen bangsa membantu Pemerintah Daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, penanganan pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah dalam rangka Operasi Militer Selain Perang” adalah tema dari kegiatan Latihan Posko I yang di gelar di Gedung Prajurit.

Latihan Posko I diselenggarakan oleh Korem 072/Pamungkas guna melatihkan satuan jajaran / Kodim dalam menangani kejadian bencana alam yang terjadi di wilayah masing-masing.

Latihan yang diikuti oleh Dandim 0705/Magelang, seluruh perwira staf, satuan bawah dan instansi terkait merupakan salah satu bentuk latihan kesiapan Kodim Magelang beserta unsur terkait dalam penanggulangan bencana, penanganan pengungsi dan bantuan kemanusiaan.

Adapun tujuan Kegiatan Latihan Posko I adalah sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam. Latihan Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Kesiapan operasional jajaran Kodim 0705/Magelang khususnya dalam mengimplementasikan protap-protap yang ada menjadi sangat penting, mengingat struktur geografi wilayah Magelang yang sangat rentan terjadi bencana alam.

Selain itu latihan posko ini dilakukan guna meningkatkan hubungan dan kelancaran jalur komunikasi antara komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan olah yudha, menyelenggarakan komando pengendalian operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando.

Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Kukuh Dwi Antono yang juga merupakan pelaku dalam latihan tersebut mengatakan, latihan ini merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mempermudah dalam berkoordinasi antara Komandan dengan staf dalam melaksanakan tugas tugas. Terutama dalam mengambil langkah dan keputusan dalam situasi yang tidak biasa.

“Dengan latihan seperti ini diharapkan para personel Kodim Magelang sudah mengerti akan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga akan tercipta komunikasi yang baik antar sesama anggota juga dengan instansi terkait yang terlibat dalam penanganan suatu bencana” ujar Dandim.

Selain unsur pimpinan dan staf Kodim Magelang, Latihan Posko I juga melibatkan instansi terkait antara lain Pemerintah Daerah, Polres, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan dan Relawan. (red)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*