Selasa, 23 April 2019
Home > Berita Terkini > Gubernur DKI Berikan Kebijakan Bebas PBB Pada Veteran
Gubernur DKI Berikan Kebijakan Bebas PBB Pada Veteran
Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Veteran

Gubernur DKI Berikan Kebijakan Bebas PBB Pada Veteran

Share

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri kegiatan pelantikan Badan Pembudayaan Kejuangan, 45 Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Provinsi DKI Jakarta masa bakti 2019-2024 di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (09/4/2019.

Anies menyampaikan salah satu kebijakan yang sedang disusun akan berpihak kepada veteran dan keluarga pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia di Pemprov DKI Jakarta.

“Saya sampaikan di antara bapak/ibu sekalian bahwa nanti pengumuman resminya menyusul. Tapi mulai tahun ini, semua keluarga dan tiga generasi di bawahnya yang masih menempati rumah yang sama dari para pejuang kemerdekaan dibebaskan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),” ujarnya.

Pembebasan PBB merupakan kebijakan yang didasarkan fakta bahwa rumah para pejuang kemerdekaan pada awalnya merupakan hunian sederhana di Jakarta. Seiring perkembangan ibukota, sebagian rumah yang berada di wilayah elit dengan nilai PBB yang dirasa membebani para veteran maupun keluarganya.

“Saya sampaikan kepada semua. Justru sebaliknya, negeri ini berhutang kepada keluarga-keluarga itu. Bukan kebalik, malah justru negeri ini mengusir keluarga-keluarga yang dulu berjuang setengah mati. Karena itu bapak/ibu sekalian, Saya yakin insya Allah sebagian dari bapak/ibu sekalian ikut dari rombongan yang nanti akan terbebaskan dari pajak dengan kebijakan ini. Pejuang, veteran semuanya sampai tiga generasi asal menempati tempat yang sama dan tidak dipakai untuk kegiatan komersial, maka akan dibebaskan PBB-nya,” tegas Anies.

Sebelumnya, Anies mengaku bahagia atas kehadiran orang-orang yang turut memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Dirinya berharap kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan pengurus Badan Pembudayaan Kejuangan 45, Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Provinsi DKI Jakarta dapat terus terjalin baik.

“Bapak/ibu membawa nama baik dan nama besar dari para pejuang pertiwi. Bapak/ibu semuanya membawa nama baik itu. Karena itu harapan saya, organisasi ini teruslah menjaga nama baik dan nama besar itu. Tunjukkan sikap, tunjukkan cara bertindak yang mencerminkan semangat para pejuang. Karena hari ini kita membutuhkan rujukan. Kita membutuhkan contoh-contoh orang-orang yang bisa menjadi preferensi bagi kita semua. Organisasi yang bisa menjadi referensi,” jelasnya.

Anies menuturkan pertemuan dengan veteran dan keluarga pejuang kemerdekaan merupakan upaya merefleksikan diri atas rangkaian usaha keras penuh keikhlasan tanpa memperhitungkan apa yang didapatkan setelah merdeka.

Ia juga menyebut para pejuang peraih dan perebut kemerdekaan telah mewariskan semangat dalam menghibahkan segalanya untuk bumi pertiwi.

“Kita semua yang diberikan amanat ini, termasuk saya di sini, ini adalah peringatan bahwa dulu semua berjuang demi Indonesia yang merdeka tanpa berpikir saya dapat apa. Insya Allah semangat perjuangan itu akan terus mewarnai para pemimpin Indonesia, sehingga Indonesia mempesona dunia. Karena Indonesia berhasil mendapatkan yang disebut sebagai kemandirian, kemerdekaan lewat perjuangan rakyat.” tandasnya.(Iv)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*