Selasa, 19 Maret 2019
Home > Berita Terkini > PPNS BBWS SO gelar Sosialisasi Cegah Pelangaran Aliran Irigasi Progo Manggis
PPNS BBWS SO gelar Sosialisasi Cegah Pelangaran Aliran Irigasi Progo Manggis
PPNS BBWS SO gelar Sosialisasi Cegah Pelangaran Aliran Irigasi Progo Manggis

PPNS BBWS SO gelar Sosialisasi Cegah Pelangaran Aliran Irigasi Progo Manggis

Share

Magelang —  Sosialisasi dan Koordonasi terkait penertiban bangunan MCK disaluran progo manggis. Dalam rangka meraih Piala Adipura kencana, Pemerintah Kabupaten Magelang  menghimbau kepada warga di wilayahnya melakukan penertiban di area ruang irigasi. Dalam hal ini menindak lanjuti permintaan dari Kabupaten Magelang melalui Dinkes menghimbau kepada warga agar tidak membuang sampah, mendirikan Bangunan dialiran saluran  irigasi Progo Manggis

Untuk itu mengatasi hal ini PPNS BBWS SO menggelar Rapat Koordinasi Rencana Pertimbangan Bangunan MCK di Saluran Progo Manggis  di ruang rapat kantor  Koordinator kelompok pengelola (KORPOKLA) wilayah Progo Hulu, Balai Pusdataru Probolo jalan raya Magelang – Semarang Km 7.5 Sempu, Ngadirojo ,Secang, Kamis (28/3/2019).

Hadir sebagai  narasumber, Kasubag BMN BBWS Serayu Opak  Etik Imani ST.MT., Kasubag Umum dan Keuangan BBWS Serayu Opak  Dugi Subagyo S.H ,.MSi, PPNS Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak  Bambang Sumadyo.B.S,H, Kasi Perencanaan Ops Besar Wilayah Sungai Serayu Opak  A. Ikana Dani ST.MT., Kasi Op Balai PSDA Probolo  Fredi N. ST.MT.

Dalam giat tersebut dihadiri, Kasi AMPL PUPR Kabupaten Magelang Santoso,  Kasat Pol PP yang diwakilkan oleh Kasi Penindakan  Dolute Tuge, Kapolsek Secang yang diwakilkan oleh Kanit Binmas Polsek Secang IPDA A. Khumaedi, Bhabinkamtibmas Desa Payaman Aiptu R. Broto Wijoyo, Ka Puskemas Secang I Dr. Hapsari, Kepala Desa Payaman Ir. Saefudin Ashari serta warga dusun sepanjang aliran sungai ( Dusun Gembongan,Dusun Karangboyo).

Dalam sambutannya Kasubag Umum dan Keuangan BBWS Serayu Opak  bapak Dugi Subagyo S.H ,.MSi mengatakan menindak lanjuti terkait rencana pembongkaran MCK itu atas dasar dari Kota Magelang terkait meraih ADI PURA dirinya telah mengundang para stakeholder dan warga masyarakat Payaman.

Hal ini dilakukan guna mendapat kata sepakat terkait adanya rencana pembongkaran MCK yang berada di bantaran aliran irigasi tersebut.

Usai mendapat kata sepakan dalar rapat sossialisai, rencananya MCK akan segera dibongkar guna memperlancar aliran irigasi, selain itu dari data yang ada 8 lokasi MCK 7 diantaranya sudah tidak dipakai warga dan pembangunannya menyalai Permen dan Perda yang ada. Sementara 1 MCK masih dipergunakan warga. Dalam rapat yang di hadiri perwakilan warga, kepala Desa serta keamanan terkait sepakat melakukan langkah positif guna menyediakan lokasi baru bagi warga yang selama ini masih mengunakan fasilitas mck tersebut.

Selain menjadi tujuan pemerintah Kabupaten meraih Piala Adipura juga dalam rangka rehabilitasi aliran sungai progo manggis seperti yang disampaikan Kasi Perencanaan Ops Besar Wilayah Sungai Serayu Opak A. Ikana Dani

Sementara Fredi N.  Kasi  OP Balai PSDS Probolo dengan adanya bangunan yang di bangun diatas aliran sungai sangat menganggu dan kesulitan jika akan dilakukan pengeruka pembersihan lokasi aliran irigasi.

“Dari hasil survey sudah tidak di tempati (aktif) lagi maka alangkah lebih baik dibongkar saja karna itu sangat menganggu aliran irigasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Kordinator kelompok Pengelola Wilayah Progo Balai PUSDATARU Probolo Marno mengusulkan solusi sempadan saluran  disis kiri terdapat lahan yang bisa dipergunakan untuk membangun MCK sementara untuk warga.

Dirinya juga menghimbau warga untuk membuang sampah pada tempatnya jangan di aliran irigasi, lebih lanjut dari pantauan yang ada menurutnya warga yang membuang sampah tidak hanya warga sekitar akan tetapi terdapat orang luar daerah yang sengaja membuang di lokasi.

“ Terkadang orang dari luar yang sambil lewat melempar ke aliran irigasi. Jadi perlu diberikan himbauan tertulis semacam plang atau spanduk disertai sangsi sesuai UU yang berlaku agar menjadikan efek jera kepada warga yang membandel,” pungkasnya. (ikh)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*