Selasa, 18 Juni 2019
Home > Berita Terkini > Personil TNI Bersama Bupati Banjar Kembali Bongkar Jamban Apung
Personil TNI Bersama Bupati Banjar Kembali Bongkar Jamban Apung
Personil TNI Bersama Bupati Banjar Kembali Bongkar Jamban Apung

Personil TNI Bersama Bupati Banjar Kembali Bongkar Jamban Apung

Share

MARTAPURA – Dalam rangka mensukseskan program pemerintah penghapusan jamban apung di bantaran sungai, Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama warga masyarakat dan Babinsa Koramil 1006-06/Mtp Serda Hasanuddin kembali melakukan Pembongkaran Jamban Apung yang berada di bantaran sungai Martapura, di Desa Pekauman Ulu Martapura Kabupaten Banjar, Kamis (14/3/2019).

Pembongkaran dan Pengangkatan Jamban Terapung langsung disaksikan Kasdim 1006/ Mtp Mayor Inf Moh Mulyano, Kapolres Banjar AKBP Takdir Matanette, Kajari Martapura Muji Martopo, Kadis PUPR Hilman, Forkopimda serta para camat dan Tokoh Masyarakat Tokoh Agama.

Bupati Banjar mengatakan “Bahwa kebiasaan masyarakat yang masih berprilaku buang air besar ke sungai, harus menjadi perhatian kita bersama. Kebiasaan yang kurang baik itu sangat berdampak terhadap kesehatan,” ujarnya.

Upaya Pemerintah Kabupaten Banjar dalam Program penghapusan jamban apung kembali berlanjut. Melalui Launching Gebrak’s ( Gerakan Bersama Realisasi Aksi Sanitasi ) Kadis  PUPR Banjar Hilman, mengatakan, tahun ini pihaknya kembali menargetkan menghapuskan jamban apung di empat Kecamatan

Hal ini dilakukan usai melalui proses panjang, mulai dari identifikasi, sosialisasi, surat pernyataan warga yang menerima manfaat serta rapat koordinasi dengan aparatur desa maka pada tahun 2019 ini ditargetkan sekitar 270 jamban apung akan dibongkar.

Hal ini dilakukan dalam mendukung program penghapusan jamban terapung dan sesuai misi meningkatkan permukiman yang layak huni  dan berkelanjutan, pada tahun 2018 telah dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya : Pembangunan Septictank Individual melalui DAK Sanitasi serta Pembangunan Septictank Individual beserta Bilik WC   untuk masyarakat yang belum memiliki.

“Pemerintah mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dalam pembangunan WC dan Septictank di bantaran  sungai sehingga masyarakat tidak perlu lagi menggunakan jamban apung,” imbuh Bupati.

Kebijakan penghapusan jamban apung dan Launching Gebrak’s mendukung program nasional universal access 100-0-100 ( 100 persen layanan air minum,0 persen kumuh,100 persen layanan sanitasi. Permasalahan tersebut pemerintah bekerja keras meningkatan layanan sanitasi kepada masyarakat pengelolaan air limbah dengan upaya pembuatan WC, MCK Kamunal, Septictank .

Bupati Banjar yakin  dengan kerja keras Kebersamaan segenap Komponen Pemerintah,TNI dan Polri serta Masyarakat, kendala- kendala tersebut dapat di atasi. “Mulawarman Peduli ” Hasanuddin menuturkan

Pembongkaran ini bertujuan untuk mencegah warga yang mempunyai kebiasaan membuang air besar di sungai, sehingga nantinya tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan.

Selain untuk menjadikan desa Pekauman Ulu menjadi desa bebas dari jamban apung pembongkaran ini memiliki arti untuk menjadikan aliran sungai/kali menjadi bersih dan indah

“Warga tidak khawatir akan di hapusnya jamban apung karena sosialisasi  dari pihak pemerintah sudah menbuatkan  WC dan Septictank,serta WC Kamunal,” pungkasnya. (ikh)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*