Selasa, 19 Maret 2019
Home > Berita Terkini > Ajang Kejurnas Pencak Silat Yogyakarta Championship 5 2019 Diikuti Ribuan Atlet Pencak Silat
Ajang Kejurnas Pencak Silat Yogyakarta Championship 5 2019 Diikuti Ribuan Atlet Pencak Silat
Ajang Kejurnas Pencak Silat Yogyakarta Championship 5 Tahun 2019 (dok.ist)

Ajang Kejurnas Pencak Silat Yogyakarta Championship 5 2019 Diikuti Ribuan Atlet Pencak Silat

Share

Yogyakarta — Ajang Kejurnas Pencak Silat Yogyakarta Championship 5 2019 di ikuti ribuan atlet pencak silat memeriahkan perhelatan di Gedung Olahraga Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (12/3/2019).

Dalam Kejurnas pencak silat ini diikuti kurang lebih 300 kontingen dari perguruan silat yang berasal dari seluruh penjuru tanah air baik Papua Barat, Medan Sulawesi, hingga Kalimantan. Masing-masing terbagi atas kategori usia dini (8 tahun), Sekolah Dasar (9-12), Pra Remaja/SMP dan remaja/SMA.

Romy Ardiansyah Ketua Yogyakarta Championship 5 pada ajang tersebut mengatakan jika perlombaan ini merupakan uji coba sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan prestasi.

“Dalam kejuaraan ini, Kami juga memfasilitasi para pelatih untuk dapat mengevaluasi kemajuan dan kemampuan para atlet yang mereka ikutkan dalam perlombaan ini, “ kata Romy.

lebih lanjut Romy menuturkan, turnamen pencak silat ini diselenggarakan secara rutin minimal dua kali dalam setahun. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri para atlet muda agar termotivasi mencapai peningkatan prestasi dibidangnya.

Tak hanya itu dirinya mengungkapkan bahwa pencak silat merupakan salah satu warisan budaya leluhur bangsa Indonesia dimana didalamnya mengandung pembelajaran bagi generasi muda yang sehat jasmani dan rohani.

“Jangan malu dengan pencak silat yang kita punya karena saat ini sudah mendunia dan banyak negara lain yang ingin belajar kepada kita,” ungkapnya.

Pada kejurnas kali ini diselengarakan selama yang dua hari sejak tanggal 12-13 Maret 2019. Panitia tidak hanya mempertandingan nomor tanding akan tetapi juga nomor jurus atau seni.

“Terdapat 7 buah gelanggang dengan berbagai nomor pertandingan, 72 wasit utama dan garis serta 2030 partai yang akan memperebutkan Piala Kemenpora,” imbuhnya.

Sementara Assisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kemenpora Teguh Raharja mengharapakan para atlet dapat berlomba dengan fair sesuai dengan peraturan yang berlaku.Guna meningkatkan kemampuan dalam prestasi hingga membawa nama pencak silat Indonesia ke kanca Dunia.

” Ini ajang mencari prestasi menunjukkan kemampuan para atlit. Semoga dapat membawa nama Pencak Silat Indonesia Kekancah Dunia,” harapnya

Kemenpora juga berharap dengan Kejurnas Pencak Silat Yogyakarta Championship 5 ini dapat mencetak, memunculkan bibit-bibit atlet baru yang akan bersinar bagi olahraga pencak silat Indonesia.(ikh/SM)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*