Rabu, 19 Juni 2019
Home > Berita Terkini > Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulonprogo Tandatangani MOU
Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulonprogo Tandatangani MOU

Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulonprogo Tandatangani MOU

Share

Purworejo – Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo sepakati nota kesepahaman (MoU) kerjasama bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dan Dr Hasto Wardoyo SP OG(K) yang berlangsung di Kantor Bupati Kulon Progo, Selasa (12/3).

Hadir mendampingi Bupati Purworejo Kepala Diskominfo Sigit Budimulyanto, Kepala Dinhub Agus Budi Supriyanto, Kepala Satpol PP dan Damkar Budi Wibowo, Kabag Pemerintahan Sri Setyowati, Kabag Humas dan Protokol Bambang Gatot Seno Aji. Dari Pemkab Kulon Progo hadir sejumlah pejabat terkait.

Dalam sambutanya Bupati Purworejo Agus Bastian menjelaskan, penandatangan MoU oleh masing-masing Kepala Daerah ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan. “Kesepakatan bersama ini bertujuan untuk mewujudkan keserasian dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan antar daerah,” ujarnya.
Disisi lain memanfaatkan dan memelihara sumber daya daerah secara optimal, mengantisipasi dan memecahkan permasalahan antara daerah secara terpadu, dan mengantisipasi kemungkinan timbulnya permasalahan. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan memperhatikan prinsip saling menguntungkan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo, hadirnya New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan memberi efek secara ekonomi kepada Pemkab Purworejo dan Pemkab Kulon Progo, jelas bupati.

“Kami berharap sinergitas ini akan membawa dampak yang baik kepada kedua belah pihak pemerintah daerah.Terima kasih
kami kepada Pak Hasto yang telah memberikan kesempatan kepada Purworejo untuk bersama-sama mengambil bagian dari hadirnya NYIA. Semoga komitmen bersama ini betul-betul dapat terwujud,” katanya.

Dalam rangka menindaklanjuti MoU tersebut, dilaksanakan pula penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dalam Bidang Ketenteraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat. MoU ditandatangani oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Kulon Progo dengan Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo.
Ruang Lingkup Kerja Sama tersebut meliputi operasi bersama dalam penegakan peraturan daerah, pertukaran data daninformasi, patroli bersama di wilayah perbatasan, pengerahan personilapabila salah satu pihak mengajukan permohman dan penyelesaian konflik perbatasan.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan bahwa Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo mempunyai banyak kesamaan potensi wilayah, baik dari segi kondisi geografis, keragaman seni budaya, hasil produksi pertanian dan sebagainya. Kondisi ini menjadi salah satu dasar bahwa daerah perlu melakukan kerjasama.
Dikatakan Hasto, dalam rangka menyambut pembangunan NYIA yang saat ini dilaksanakan di Wilayah Kec Temon, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sedang berupaya mampersiapkan berbagai hal dari peningkatan SDM, perbaikan infrastruktur, akses jalan, hingga promosi wisata.

Berbagai potensi tersebut tentunya ditangkap pula oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo, mengingat Kabupaten Purworejo merupakan daerah yang berbatasan langsung sekaligus salah satu wilayah penyangga. Kesepahaman bersama ini sebagai upaya menjalin komitmen antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo.
Hasto berharap adanya kerjasama ini dapat mempererat hubungan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo, serta mewujudkan keserasian dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan. dan kemasyarakatan.

“Kita bisa sinergi diberbagai bidang. Banyak yang bisa kita kerjasamakan, salah satunya mempersiapkan multiplayer efek hadirnya NYIA. Misal kerjasama bidang transport dan pelatihan SDM,” kata Hasto. (Humas/ Kun)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*