Rabu, 19 Juni 2019
Home > Berita Terkini > TMMD Sengkuyung I Ta 2019 Diresmikan Walikota Magelang
TMMD Sengkuyung I Ta 2019 Diresmikan Walikota Magelang
TMMD Sengkuyung I Ta 2019 Diresmikan Walikota Magelang

TMMD Sengkuyung I Ta 2019 Diresmikan Walikota Magelang

Share

MAGELANG — Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito, MT resmi membuka TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 di kota Magelang, Selasa tanggal 26 Februari 2019 pukul 09.00 s.d 09.35 WIB, bertempat di Lapangan Yayasan Panti Kumuda Rw-XI Kelurahan. Magelang Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang.

Dalam peresmian tersebut sebelumnya dilakukan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 dengan tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional.” Dan pemukulan kentongan sebagai tanda diresmikannya kegiatan.

Bertindak selaku Irup Walikota Magelang Ir. H . Sigit Widyonindito MT, dan sebagai Danup Danramil 08/Pakis Kaplen CPL Bambang Masrukin yang diikuti sekitar 300 orang.

Hadir dalam Kegiatan Upacara Gubernur Akmil atau yang mewakili,  Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito,  MT,  Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwiantono, SIP, Kapolres Kota Magelang AKBP Idham Mahdi,  S.I.K., M.A.P,  Kajari Kota Magelang Wawan Ernawan, SH, MH, Danrindam IV/Dip atau yang mewakili, Ka Rumkit dr. Soedjono Magelang diwakili Letkol CKM Sugito, Jajaran Forkopimda Kota Magelang atau yang mewakili, Jajaran Danramil dan Se Pasi Kodim 0705/Magelang, Kapolsek Magelang Tengah, Para Dansat Garnizun Magelang atau yang mewakili,  Para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kota Magelang, Dra. Wulandari Ka DPMP4 dan KB Kota Magelang,  Ketua GOW (Gerakan Organisasi Wanita) Kota Magelang, Para Camat Kota Magelang, Para Lurah se kota Magelang dan Tamu undangan.

Adapun Sambutan Gubernur Jateng yang dibacakan Walikota Magelang terkait merawat dan mengikat kebersamaan serta gotong royongan untuk mengatasi persoalan persoalan kebangsaan, Sinegritas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat;

Menurutnya, data BPS per bulan September 2018, mencatat jumlah penduduk miskin jawa tengah sebesar 3,87 juga orang ( 11,19% ) mayoritas berada di pedesaan yakni sebanyak 2,15 juta orang, untuk itulah kita terus memfokuskan program penanggulangan kemiskininan di pedesaan dengan prinsip keroyokan melalui pendekatan holistik, integratif, tematik dan spasial, TMMD kali ini mangangkat tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional” apabila dikaitkan dengan kondisi kebangsaan saat ini tema tersebut sangatlah tepat, sejarah telah mengajarkan kepada kita bahwa semangat kebersamaan kegotong royongan serta petsatuan dan dan kesatuan merupakan senjata ampuh bangsa indonesia dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan, ini senantiasa harus kota rawat dan jaga bersama.

Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh usai peresmian kepada media menuturkan Sasaran Sasaran Fisik dalam pelaksanaan TMMD melituti, pembuatan talut sungai Cikal, Panjang 33 Meter, Lebar atas 0,3 Meter, Lebar bawah  0,9 Meter,Tinggi  3,8 Meter  di Lokasi di Rt 04 Rw XI Kampung Meteseh Kelurahan Magelang Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang dan pembuatan jembatan di Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang.

“ Pembangunan talut membantu warga  yang rumahnya berada di bantaran sungai, jadi membangun kembali yang awalnya sudah ada namun tergerus dan longsor di lokasi pembangunan tersebut,” ujar Dandim.

Untuk di lokasi wilayah Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang pembuatan jembatan penghubung Desa.Sambak dengan Desa Sangen Kecamatan Kajoran dengan panjang 6 meter tinggi 2,5 meter.

“ Kedua sasaran sudah dilakukan Pra TMMD karena harus mengunakan alat berat,” imbuh Letkol Kukuh.

Dra. Wulandari Ka DPMP4 dan KB Kota Magelang saat ditemui mengatakan, Pemkot Magelang sangat mendukung kegiatan TMMD ini.

“ Kami sangat mendukung, ini merupakan kerjasama teroterial juga kemanungalan TNI, Pemerintah dan masyarakat juga untuk mendukung pemerintah mengentaskan kemiskinan serta percepatan pembangunan,” kata Wulandari.

Kegiatan ini bersumber dana dari APBD, selaku daerah Ia juga melakukan pendampingan untuk kegiatan fisik dan non fisik .

Seperti yang disampaikan sasaran Non Fisik, Penyuluhan Bela Negara/Wasbang dari Kodim 0705/Magelang, Penyuluhan Perilaku Hidup Sehat dari Dinkes Kota Magelang,  Penyuluhan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) dari Disperindag Kota Magelang,  Penyuluhan KDRT dari WCC Kota Magelang, Penyuluhan Kamtibmas dan Bahaya Narkoba dari Polres Magelang Kota.

“ Kita juga akan melakukan kegiatan fisiknya melalui Jambanisasi di sepuluh titik di Kota Magelang, biasanya pada tahap ke III pelaksanaan TMMD,”pungkasnya. (ikh/SM)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*