Selasa, 19 Februari 2019
Home > Berita Terkini > Buka Pameran Lukisan, Mahfud MD: Budaya Politik Menjadi Problem antara Kemajuan dan Kemunduran
Buka Pameran Lukisan, Mahfud MD: Budaya Politik Menjadi Problem antara Kemajuan dan Kemunduran
Hadir dalam pembukaan tersebut diantaranya, Mentri Kelautan dan Perikanan Susi Puji Astuti, Menristek dikti Muhammad Nasir, Prof. DR Mahfud MD, KH. A Mustofa Bisri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Muchammad Effendi, SE, MM, Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono, MM, M. HUM,

Buka Pameran Lukisan, Mahfud MD: Budaya Politik Menjadi Problem antara Kemajuan dan Kemunduran

Share

MAGELANG, pandji-indonesia.com — Pembukaan Pameran Seni Rupa dalam rangka Pameran Manusia dan Kemanusiaan yang diselenggarakan oleh OHD Museum Magelang ( dr. Oe Hong Djien), di OHD Museum Jalan Jenggolo No. 14. Kelurahan Kemirirejo Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang, Pada hari Sabtu tanggal 26 Januari 2019 dimulai sekira pukul 16.00 hingga 19.00 WIB.

Hadir dalam pembukaan tersebut diantaranya, Mentri Kelautan dan Perikanan Susi Puji Astuti,  Menristek dikti Muhammad Nasir,  Prof. DR Mahfud MD, KH. A Mustofa Bisri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Muchammad Effendi, SE, MM,  Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono, MM, M. HUM, Menteri Pariwisata Direktur Utama Badan Otorita Borobudur  diwakili  Indah Yuanita, Dandim 0705 Magelang, Kapolres Magelang Kota, Kapoles Kabupaten Magelang, Kabag Hummas Pemkot Magelang, Danramil Magelang Selatan dan Tengah, Kapolsek Magelang Tengah, Pimpinan Ponpes Api Tegalrejo, Budayawan dan Seniman serta sekitar 500 peserta.

Pemilik OHD Museum mengatakan jika peristiwa ini belum pernah dialaminya di Magelang dengan kehadiran para Pejabat di pameran lukisan tersebut.

“ Peristiwa ini belum pernah saya alami, kecuali pada konggres pemuda di Magelang beberapa tahun yang lalu yaitu pada saat saya masih berumur 19 tahun,” ujarnya.

Menurutnya kegiatan ini berkat gagarsan dari Gus Mus hingga terlaksana dengan sukses. “ Ini sangat mengharukan karena dihadiri dua menteri sekaligus dan pejabat-pejabat. Selamat datang di Kota Sejuta Bunga dan ribuan lukisan di Magelang,” imbuhnya.

Pemilik OHD Museum Oe Hong Djien juga mengucapkan terimakasih kepada Prof DR Mahfud MD yang sudah berkenan hadir dan membuka pameran kali tersebut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Puji Astuti dalam sambutannya mengucapkan terimakasihnya kepada OHD dan Gus Mus

“Ini kegiatan yang sangat menyenangkan, jadi saya tidak hanya memikirkan kapal dan pekerjaan. Seniman sangat perlu di komponen bangsa kita ini,” terang Susi.

Semenatara Prof DR Mahfud MD pada kesempatan tersebut merasa kaget saat diminta membuka pameran itu.

“ Saya berfikir yang biasanya membuka acara seminar sekarang supaya membuka pameran lukisan, semula saya kaget tidak langsung menjawab sanggup. Saya bukan ahli dalam bidang lukisan namun saya juga memasang beberapa lukisan dirumah,” kata Mahfud.

Lebih lanjut Mahfud mengatakan, “Kemudian saya diberi tau bahwa Gus Mus yang menggagas acara ini maka saya langsung mengiyakan, Pak Oe Hong Djien ini hidup dan kehidupannya dicurahkan pada lukisan, dia tau lukisan asli tidak asli, asli dan bagus tidak asli tapi bagus dan lain lain,” imbuhnya.

Menurutnya pameran kali ini supaya bisa menampilkan dan menyampaikan pesan carut marutnya situasi saat ini. Budaya politik menjadi problem antara kemajuan dan kemunduran, munculnya budaya demokrasi dan inilah negara kita yang terbesar muslimnya.

“Kondisi politik yang berubah- rubah dari politik uang dan sebagainya, maka perlunya revormasi politik. Lukisan bisa menjadi sesuatu untuk memanusiakan manusia,” pungkasnya.

Pameran Seni Rupa ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Januari sampai dengan tanggal 25 April 2019. Acara diselingi pembacaan puisi oleh Joko dan Leak dari Yogyakarta. (ikh)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*