Rabu, 19 Juni 2019
Home > Berita Terkini > CVR Lion Air yang Jatuh Di Karawang Ditemukan Penyelam Kopaska dan Dislambair
CVR Lion Air yang Jatuh Di Karawang Ditemukan Penyelam Kopaska dan Dislambair
Ilustrasi Lion Air (dok.ist)

CVR Lion Air yang Jatuh Di Karawang Ditemukan Penyelam Kopaska dan Dislambair

Share

JAKARTA, pandji-indonesia.com — TNI Angkatan Laut berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

“Iya sudah (ditemukan),” ucap Kadispenal, Laksamana Pertama Zaenal, saat dikonfirmasi, Senin (14/1/2019).

CVR Lion Air PK-LQP ditemukan oleh penyelam komando pasukan katak (Kopaska) dan Dinas penyelam bawah air (Dislambair) I di wilayah sekitar jatuhnya pesawat. Belum diketahui secara detail koordinat ditemukannya CVT tersebut.

Usai diangkat dari dasar laut, CVR itu dibawa ke daratan menggunakan salah satu KRI milik TNI-AL. Setelah tiba, nantinya CVR itu akan diserahterimakan ke KNKT.

Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 jatuh di Laut Jawa pada 29 Oktober 2018 lalu. Seluruh orang di dalam pesawat baik penumpang maupun kru pesawat meninggal dunia. Total korban dari tragedi ini berjumlah 189 orang.

Sebelum CVR ini ditemukan, tim penyelam Batalyon Intai Amfibi sudah menemukan Flight Data Recorder (FDR). KNKT juga telah memeriksa FDR tersebut. Ditemukan hasil investigasi sementara yaitu adanya kerusakan pada airspeed indicator. Namun, KNKT belum bisa memastikan apakah rusaknya airspeed indicator jadi penyebab jatuhnya Lion Air PK-LQP.

Selain itu ditemukan adanya kerusakan pada sensor Angle of Attack (AOA). Di pesawat, AOA berfungsi mengukur sudut pesawat terhadap aliran udara. Sensor AOA menunjukkan perbedaan pada saat penerbangan sebelum JT 610, yaitu dari Bali ke Jakarta.(merhaputih/pandjiindonesia)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*