Minggu, 20 Januari 2019
Home > Berita Terkini > Babinsa Selorejo Bersama PPL Gelar Penyuluhan Cara Membasmi Hama Padi
Babinsa Selorejo Bersama PPL Gelar Penyuluhan Cara Membasmi Hama Padi
Babinsa Selorejo Bersama PPL Gelar Penyuluhan Cara Membasmi Hama Padi

Babinsa Selorejo Bersama PPL Gelar Penyuluhan Cara Membasmi Hama Padi

Share

Wonogiri, pandji-indonesia.com — Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Ngundi Rejeki menerima penyuluhan cara membasmi hama sundep yang akhir-akhir ini banyak memasuki area lahan padi di Desa Selorejo Kecamatan Girimarto, Jumat (11/1/19).

Kegiatan diawali dengan temu tani, sosialisasi tentang kesuburan tanaman, hama tanaman dan motivasi petani di lapangan yang disampaikan oleh penyuluh lapangan (PPL) Yuli.

Yuli jugan menambahkan,pengendalian hama dengan cara melakukan penyemprotan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan agar hama kepinding tanah pada padi yang berumur baru satu bulan tersebut tidak semakin banyak dan berkembang karena hama dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi nantinya.

Datangnya hama berupa kepinding dan hama lainnya seperti siput, keong mas serta wereng merupakan hal yang lumrah pada saat musim tanam, namun dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi yang diadakan oleh PPL yang didampingi Babinsa, permasalahan tersebut akan bisa diatasi dengan upaya penyemprotan, perburuan atau bentuk pencegahan lainnya.

Komandan Koramil (Danramil) 18/Girimarto Kpt Cba Suparna melalui Babinsa Selorejo Sertu Maryadi mengatakan,selaku Babinsa salah satu tugas pokok yaitu mencari kendala dan problem petani yang ada di lapangan.

Setelah kendala ditemukan, agar dikordinasikan dengan PPL, kemudian dilakukan tindakan penyelesaian dan kegiatan nyata di lapangan. “Agar kehadiran Babinsa dalam upaya pencapaian swasembada pangan di wilayah Kecamatan Girimarto khususnya Desa Selorejo dapat tecapai sesuai harapan jajaran komando atas,”

“Sinergitas antara Babinsa dan PPL dilapangan bisa saling melengkapi kekurangan untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan produksi gabah di Desa Selorejo,” pungkasnya.

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*