Senin, 19 Agustus 2019
Home > Berita Terkini > Permukiman di Jelambar Kembali Hangus Diamuk Jago Merah
Permukiman di Jelambar Kembali Hangus Diamuk Jago Merah
Permukiman di Jelambar Kembali Hangus terbakar

Permukiman di Jelambar Kembali Hangus Diamuk Jago Merah

Share

JAKARTA, pandji-indonesia.com — Permukiman di Jalan Jelambar Utama, Gang Abadi RT 07 dan 08 RW 8, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, pada Jumat (04/1) malam, hangus dilalap sijago merah. Sebanyak 35 mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kecamatan Grogol Petamburan dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut.

Siti Mariyani dan Suryadi saksi mata menyebutkan, asal api diduga dari rumah kontrakan milik Nadia (50). Saat mereka sedang istirahat di rumah, tiba-tiba listrik mati total, setelah melihat keluar rumah mencium bau gosong.

“Begitu kami balik ke lantai 2 melihat api berkobar di kamar Ibu Nur yang mengontrak di kontrakan Nadia. Karena api semakin besar kami berteriak meminta tolong kepada warga lainnya,” ujar Siti.

Mendengar teriakan itu, warga pun panik langsung berhamburan keluar rumah. Melihat kebakaran warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Lantaran kobaran api semakin membesar dan menjalar membakar rumah lainnya, akhirnya salah satu warga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tanjung Duren dan Babinsa Kelurahan Jelambar.

Sementara Kepala Seksi Sektor Damkar Kecamatan Grogol Petamburan Agus Surya setelah mendapat laporan adanya peristiwa kebakaran, pihaknya langsung mengerahkan 35 unit mobil Damkar melakukan pemadaman dilokasi.

“Setelah adanya laporan kebakaran kami langsung kerahkan 35 unit mobil Damkar untuk melakukan pemadaman. Kami dilokasi hingga pukul 03.30 WIB, mulai dari pemadaman hingga pendinginan api,” ujar Agus.

Kepala Seksi Operasional Sudin Penanggulangan Bencana Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Rompis Romli mengatakan, 40 unit rumah yang terbakar, lanjut Agus, melibatkan dua wilayah, yakni, wilayah Rt. 07 dan 08, Rw.08 Kel. Jelambar Kec. Grogol Petamburan Jakarta Barat. Sementara hasil pendataan di wilayah RT. 07 ada 25 unit rumah warga dan di wilayah RT. 07 RW. 08 ada 15 rumah warga yang terbakar.

“Dari dua wilayah RT yang terbakar itu ada 92 kepala keluarga (KK) yang berjumlah 365 jiwa menjadi korban kebakaran di Jelambar, Grogol Petamburan,” kata Rompis Sabtu (05/1).

Rompis menambahkan, kondisi api sudah padam namun masih dilakukan pendinginan hingga pagi ini. “Api sudah padam tapi dilakukan pendinginan,” tambahnya.

Dari pantauan dilokasi terlihat, instansi TNI/Polri membantu mengevakuasi para korban kebakaran dan direncanakan akan mendirikan tenda-tenda darurat pengungsian sementara.

Adapun warga yang mengungsi dipenampungan sementara di Masjid Al Ridho sebanyak 60 orang, sedangkan di Musholah Hikmatul Amin sebanyak 20 orang dan sisanya menumpang dengan keluarga yang tidak jauh berada di sekitar lokasi. (ivn/red)

Beri Komentar

Komentar

loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*


Warning: file_get_contents(): php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/pandjiindonesia/public_html/wp-content/themes/pandji/footer.php on line 31

Warning: file_get_contents(http://anti-adblock.adnow.com/aadbAdnow.php?ids=155288): failed to open stream: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/pandjiindonesia/public_html/wp-content/themes/pandji/footer.php on line 31