Senin, 17 Desember 2018
Home > Berita Terkini > PT KAI MERESMIKAN PERJALANAN KA JOGLOSEMARKERTO DI 3 STASIUN
PT KAI MERESMIKAN PERJALANAN KA JOGLOSEMARKERTO DI 3 STASIUN

PT KAI MERESMIKAN PERJALANAN KA JOGLOSEMARKERTO DI 3 STASIUN

Share

 

Purwokerto, pandji-indonesia.com — KA Joglosemarkerto _connecting Central Java, dilaunching hari ini, Sabtu 1 Desember 2018. Perjalanan kereta api yang menghubungkan kota-kota di Jawa tengah serta Yogyakarta, baik di jalur Utara maupun jalur selatan telah diresmikan. Ini sesuai keinginan masyarakat di sepanjang jalur yang melingkari serta terhubung jalur kereta api sudah bisa terwujud.

Hal ini ditandai dengan diresmikannya perjalanan KA Joglosemarkerto, di 3 stasiun di Jawa tengah, yaitu di Solo balapan, Semarang Tawang serta stasiun Purwokerto.

Sekarang masyarakat di wilayah Purwokerto, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Kroya, Bumiayu, Prupuk serta Tegal bisa langsung memanfaatkan transportasi handal, cepat, tepat waktu serta bebas kemacetan, yaitu kereta api, menuju kota-kota lain di Jawa Tengah dan Yogyakarta, seperti ke Pekalongan, Semarang, Solo serta Yogyakarta.

Sementara dalam peluncuran di stasiun Purwokerto hari ini (Sabtu, 01-12-2018)* ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Vice Presiden PT KAI Daop 5 Purwokerto, MN Huda D Santoso, dan masing masing potongan diserahkan kepada Wakil Bupati Banyumas, Drs. H. Sadewo Tri Lastiono, serta kepada Direktur SDMU PT KAI, R Ruli Adi, sebagai tanda bersyukur dan harapan baik dengan diluncurkannya perjalanan KA Joglosemarkerto.

Acara dilanjutkan dengan pemberangkatan KA oleh wakil bupati Banyumas, untuk perjalanan KA Joglosemarkerto relasi Solo-Purwokerto-Semarang. Untuk KA Joglosemarkerto relasi Semarang-Purwokerto-Solo diberangkatkan oleh Direktur SDMU PT KAI.

Perjalanan KA joglosemarkerto ini melewati banyak kota-kota di Jawa Tengah serta Yogyakarta.

“Selama ini sebenarnya sudah ada perjalanan KA-KA yang menghubungkan kota-kota tersebut, namun masih memerlukan perpindahan antar KA”, Demikian disampaikan Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, MN Huda D Santoso, saat memberikan sambutan.

“Semisal KA Joglokerto dari Yogyakarta, penumpang yang hendak menuju ke Tegal/Pekalongan harus berganti dengan KA Kamandaka di Stasiun Purwokerto,” lanjut MN Huda D Santoso memberikan contoh.

KA Joglosemarkerto menggunakan Rangkaian 2 (dua) kereta Eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk (kelas eksekutif @50 tempat duduk) dan 7 (tujuh) kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk (kelas ekonomi @80 tempat duduk).

Untuk Tarif KA Joglosemarkerto, kelas Eksekutif mulai 40.000 – 390.000 dan Ekonomi mulai 30.000 – 260.000, tergantung jarak yang ditempuh. Namun bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dengan KA Joglosemarkerto pada periode keberangkatan 1-13 Desember 2018, KAI memberikan diskon sebesar 10%.

Tiket biasa di pesan melalui channel-channal eksternal penjualan tiket KA, maupun via aplikasi ‘KAI Access’ dari android anda.

Pada hari pertama peluncuran KA Joglosemarkerto ini, antusias masyarakat sangat tinggi. Hal ini ditandai dengan okupansi atau keterpenuhan tempat duduk lebih dari 100%. Untuk KA joglosemarkerto (KA.7079) relasi Solo-Purwokerto-Semarang, penumpang eksekuti 158 orang (okupansi 158% dari jumlah seat 100) dan kelas Ekonomi terisi 750 (okupansi 134% dari 560) dan total penumpang 908 orang atau 137%
Sedangkan untuk KA joglosemarkerto (KA.7081) relasi Solo-Purwokerto-Semarang, penumpang kelas Eksekutif sebanyak 148 orang (okupansi 148% dari 100 tempat duduk) dan kelas Ekonomi sebanyak 869 penumpang (okupansi 155% dari 560) dengan jumlah total 1017 penumpang, atau okupansi 154%.
Kenapa okupansinya melebihi, karena adanya penumpang yang turun di stasiun antara dan kemudian ada penumpang lain yang naik.

“Dengan dibukanya relasi baru, KA Joglosemarkarto, memberikan pilihan konektivitas tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya sehingga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah-daerah tersebut,” disampaikan oleh Direktur SDMU PT KAI.

PT KAI selalu berinovasi dan tetap mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan KA serta penumpang dan barang yang diangkutnya. Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto.

(Unggul)

Beri Komentar

Komentar

354 Total View | 6 viewer hari ini
loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*