Senin, 17 Desember 2018
Home > Berita Terkini > Kampanye Kesehatan dan Talk Show Hari AIDS Se-Dunia 2018 di Wonogiri disambut Antusias Warga
Kampanye Kesehatan dan Talk Show Hari AIDS Se-Dunia 2018 di Wonogiri disambut Antusias Warga

Kampanye Kesehatan dan Talk Show Hari AIDS Se-Dunia 2018 di Wonogiri disambut Antusias Warga

Share

pandji indonesiaWonogiri, pandji-indonesia.com —  Dalam rangka memperingati Hari Aids se-Dunia tahun 2018 Kabupaten Wonogiri melaksanakan kegiatan Kampanye Kesehatan dan Talk Show Penanggulangan HIV/AIDS yang bertempat di Pendopo Bupati, Sabtu(1/12/2018)

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kab. Wonogiri Edi Santosa, SH., Dandim 0728/Wonogiri Lekol Inf M. Heri Amrullah, S.Sos, MH yang sedang melaksanakan Dinas diwakilkan kepada Pasiops Kapten Arm Yadiman, Kasubagpers AKP Sutrisno, Asisten I Setda Drs. Edi Sutopo, M. Si.  Kepala Dinas Kesehatan Kab. Wonogiri Dr. Ali Darma M.M., Ketua FKUB Kab. Wonogiri Sutopo Broto, Para Direktur RS, Kepala Puskesmas dan perwakilan SMA, SMK se-Kabupaten Wonogiri.

Sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Wonogiri Dr. Ali Darma M.M Pada kesempatan kali ini kita peringati hari Aids sedunia dimana setiap tanggal 1 Desember kita laksanakan peringatan. Kami ucapakan banyak terimaksih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Dalam sosialisasi berkaitan dengan hari Aids sedunia ini banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Dimana di setiap sekolah-sekolah meminta dari dinas kesehatan untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada anak-anak sekolah tentang Hiv/Aids.

Di Jawa Tengah ini menjadi ranking 4 setelah Jakarta, Jawa Timur dan Papua dalam kasus hiv/Aids. Di Wonogiri ini ada 19.272 kasus baru. Untuk tahun ini ada 443 kasus HIV/Aids terdiri dari 312  yang hidup atau kurang lebih 70 % dan bagi penderita 131 penderita yang meninggal atau kurang lebih 30 %. Kita juga adakan sosialisasi maupun pemeriksaan salah satunya di Rutan kelas II maupun tempat hiburan. Di puskesmas-puskesman kita lakukan scraning guna mendeteksi ibu hamil. Untuk saat ini ada 6 kasus ibu hamil yang terindikasi terkena HIV/Aids. Dengan adanya talkshow ini dapat memberikan wawasan yang luas bagi kita semua.

Sambutan Wakil Bupati Edi Santosa SH., Kita tahu bersama muncul laporan tentang wabah aids di Wonogiri ini mulai sejak 2002 sampai sekarang. Ini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama untuk bersama-sama mengentaskan permasalahan tersebut. Kita harapkan untuk perkembangan aids setiap hari harus kita cegah dan kita tanggulangi. Perlu kita sampaikan bagi para ODA (orang dengan aids) ini kita terus dampingi jangan kita jauhi bahkan dikucilkan. Jutru kita rangkul untuk mari entaskan secara bersama-sama

Penularan HIV/Aids ini tidak melalui jabat tangan, duduk bersama ataupun yang lain. Untuk itu mari kita sama-sama menyimak sosialisasi yang diberikan kepada kita nanti agar semua paham betul tetang penularan HIV/Aids. Kita wajib membentuk WPA (warga peduli aids) yang ada ditiap desa-desa. Dengan dibentuknya WPA ini nanti dapat memberikan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat luas tentang masalah HIV/Aids. Sehingga kita dapat meminimalisir bahkan mencegah secara dini. Selanjutnya Bupati memberikan bantuan untuk Ibu Tiyarsih (Anggota ODA) dari Kecamatan Purwantoro berupa uang 10 juta sebagai wujud kepedulian dari pemerintah daerah

Beri Komentar

Komentar

150 Total View | 3 viewer hari ini
loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*