Senin, 17 Desember 2018
Home > Berita Terkini > Babinsa Koramil Pakis Sukseskan Bhakti Sosial KB “HJK” 2018
Babinsa Koramil Pakis Sukseskan Bhakti Sosial KB “HJK” 2018

Babinsa Koramil Pakis Sukseskan Bhakti Sosial KB “HJK” 2018

Share

PAKIS, pandji-indonesia.com — Jajaran TNI sudah lama menjalin kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dengan menerapkan kekuatan jaringannya hingga ke pelosok desa, yakni mengerahkan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang selalu bersinergi dengan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di setiap kecamatan pada tingkat wilayah kabupaten. Satuan Koramil merupakan ujung tombak dari unsur TNI, khususnya Angkatan Darat yang telah ikut membantu program mensukseskan Keluarga Berencana (KB).

Komandan Koramil (Danramil) 08/Pakis Kodim 0705/Magelang Kapten Cpl Bambang Masrukhin menyampaikan, para Babinsa pada tahun-tahun sebelumnya hanya mendapatkan porsi tugas membantu Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) atau hanya berperan sebagai pelaksana belaka.

“Namun saat ini, peran para Babinsa tersebut dalam mensukseskan program keluarga berencana sudah semakin nyata dengan telah diberi kemampuan oleh BKKBN sebagai penyuluh dan penggerak,” ujarnya, usai Danramil.

Bersama para Babinsanya melaksanakan pendampingan kepada peserta Akseptor KB dalam pemasangan alat kontrasepsi di Rumah Bersalin Fatima Karen Candimulyo Kabupaten Magelang. Pendampingan ini merupakan salah satu bagian dari ragkaian kegiatan Bhakti Sosial yang dilaksanakan oleh Kodim 0705/Magelang dalam rangka memperingati Hari Juang Karti (HJK) yang merupakan hari lahirnya Angkatan Darat, Sabtu (01/12/2018).

Kapten Bambang Masrukhin juga menyampaikan, bentuk bantuan yang diberikan akan menjadi lebih berkualitas dan sesuai dengan tuntutan zaman. Para penyuluh lapangan KB memang harus meningkatkan kualitas, khususnya kemampuan untuk menjadi penggiat program KB.

“Babinsa di wilayahnya sebagai motivator mengajak masyarakat untuk ikut KB, bahkan Babinsa juga dilatih sebagai tenaga penyuluh, dan itu sangat efektif,” tambahnya.

Dikatakan pula oleh Kapten Bambang, khusus Danramil dan Babinsa agar dapat membantu terwujudnya program pembentukan Kampung KB di setiap kecamatan, dengan tetap menjalin sinergitas antara dinas dan instansi terkait.

“Kita berkomitmen untuk terus mendukung Program Pemerintah dalam rangka Pengendalian Laju Pertumbuhan Penduduk, yaitu dengan pencanagan dan pembentukan Kampung KB di desa-desa, agar pertambahan penduduk dapat terkontrol di waktu mendatang,” pungkas Danramil. (Red)

Beri Komentar

Komentar

129 Total View | 3 viewer hari ini
loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*