Senin, 17 Desember 2018
Home > Berita Terkini > Kasdam IV/Diponegoro Ikuti Borobudur Marathon 2018
Kasdam IV/Diponegoro Ikuti Borobudur Marathon 2018

Kasdam IV/Diponegoro Ikuti Borobudur Marathon 2018

Share

MAGELANG, pandji-indonesia.com — Borobudur Marathon 2018 berlangsung meriah pagi tadi di Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Minggu  (18/11/2018).

Start dan finish yang berada di Lapangan Lumbini Komplek Candi Borobudur diikuti oleh dari 10 ribu lebih pelari dari berbagai negara dan kota di Indonesia.

Dalam event Internasional ini hadir pula para pejabat antara lain Sesmenpora, Gubernur Jateng, Kapolda Jawa Tengah, Kasdam IV/Diponegoro, serta Muspida Kabupaten Magelang.

Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Maruli Simanjuntak bahkan berbaur dengan pelari lainnya pada Half Marathon dengan jarak 21 KM. Route HM mengambil route sekitar Candi Borobudur dan perkampungan sekitarnya. Saat Brigjen Maruli Simanjuntak lari melewati perkampungan sesekali melihat masyarakat yang menyambut para pelari di sepanjang route.

Hasil pemantauan dilapangan, Kasdam IV/Diponegoro terlihat sangat menikmati sambutan dan keterlibatan masyarakat. Pada event ini keterlibatan masyarakat sangat tinggi. Ada sentuhan persaudaraan, persatuan dari warga kepada peserta, ini yang terasa betul sangat kuat yang di tempat lain mungkin belum ada.

Selain antusiasme masyarakat, kearifan lokal dan budaya tradisional juga begitu nampak. Dimana banyak anak-anak yang menampilkan kesenian tradisional, salah satunya tari Barongan.

Di pinggir jalan, para penari Barongan dengan semangat menghibur para peserta, tak terkecuali Brigjen TNI Maruli Simanjuntak. Situasi yang seperti itulah yang membuat semangat Kasdam untuk menyelesaikan lari hingga garis finish.

Tak hanya olahraga, Borobudur Marathon yang sudah dihelat empat kali ini juga menawarkan konsep wisata. Pemandangan alami pedesaan dengan ikon Candi Borobudur membuat para peserta tertarik mengikuti event tersebut.

Sepanjang rute lari, para peserta tadi dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Hamparan sawah dan ladang dengan background Candi Borobudur menjadikan peserta gagal fokus untuk terus berlari. Guberur, Kapolda, Bupati Magelang dan Dandim 0705/Magelang juga ikut lari dalam event tahunan ini, namun pada route10 K.

Foto. Borobudur Marathon 2018. Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Maruli Simanjuntak ketika menerima medali yang dikalungkan oleh petugas seusai melewati garis finish. (Ikh)

Beri Komentar

Komentar

288 Total View | 3 viewer hari ini
loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*