Senin, 17 Desember 2018
Home > Berita Terkini > Anggota TNI Bantu Petani Olah Lahan
Anggota TNI Bantu Petani Olah Lahan
Anggota TNI Bantu Petani Olah Lahan

Anggota TNI Bantu Petani Olah Lahan

Share

Wonosobo, pandji-indonesia.com — Babinsa Koramil 10/Selomerto melakukan kegiatan pelaksanaan upsus pengolahan sawah seluas 2.5 ha, milik Rahmad Hidayat yang tergabung di Poktan Pujiastuti Dusun Jetis Sari, Desa Sumberwulan, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jumat (16/11/2018).

Kegiatan tersebut sangatlah diperlukan, karena jika sawah tidak diolah/ dibajak terlebih dahulu maka padi tidak bisa ditanam.
Pengolahan/pembajakan sawah dapat dilakukan secara manual dengan peralatan sederhana, atau dengan bantuan tenaga hewan dan juga bisa menggunakan peralatan mesin pertanian.  Pilihan cara pengolahan tanah tergantung pada luas lahan yang dikelola, kondisi permukaan lahan, keberadaan bebatuan pada lapisan atas tanah, kemampuan finansial petani dan derajat konservasi yang diinginkan.

Kali ini Babinsa bantu petani olah lahan dengan menggunakan traktor yang sudah disiapkan oleh petani.
Manfaat pengolahan tanah menurut Danramil 10/Selomerto Kapten Inf Kusno Miharto yaitu untuk memperbanyak atau memperbesar total volume rongga/pori tanah. Dengan demikian maka aerasi tanah dan drainase lahan semakin baik, sehingga pasokan oksigen untuk metabolisme akar menjadi lebih lancar. Mengaduk sisa tanaman secara merata ke dalam tanah sebagai sumber bahan organik dan unsur hara tanaman. Mengurangi resistensi tanah sehingga penetrasi akar serta pembesaran umbi menjadi lebih mudah. Mengurangi organ atau bagian jaringan gulma yang tersisa di dalam tanah sehingga mengurangi potensi gangguannya terhadap pertumbuhan tanaman, berarti juga mengurangi biaya untuk pengendalian gulma selama periode budidaya tanaman,” ungkap Kapten Kusno.

Selain asas manfaat, pengolahan tanah jika tidak dilakukan secara tepat juga dapat berdampak negatif.  Mempercepat evaporasi dari permukaan tanah serta mengurangi kapasitas tanah dalam menyimpan air, sehingga ketersediaan air tanah cepat berkurang. Berpotensi meningkatkan laju erosi permukaan, terutama pada lahan-lahan miring. Untuk itu para petani diharapkan selalu melaksanakan anjuran yang disampaikan oleh para PPL. Agar dalam pengolahan lahan sampai panen akan sesuai harapan para petani,”tegasnya.

Rahmat menyampaikan dengan adanya bantuan dari para babinsa dapat menyelesaikan berbagai kegiatan bercocok tanam dengan cepat dan benar. Dirinya juga sangat berterima kasih kepada para babinsa atas semua yang sudah dilakukan dengan tulus ikhlas serta penuh semangat dalam membantu dan mengayomi masyarakat,” pungkasnya.(Puji)

Beri Komentar

Komentar

144 Total View | 3 viewer hari ini
loading...

ISI KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.Bidang yang harus diisi ditandai *

*